Headlines

Judul Artikel: Sekolah Salor: Mempertahankan Budaya Bahari di Indonesia


Sekolah Salor: Mempertahankan Budaya Bahari di Indonesia

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki kekayaan budaya bahari yang tak ternilai harganya. Namun, dengan perkembangan zaman, budaya bahari ini mulai terabaikan dan terlupakan. Untuk mengatasi hal ini, Sekolah Salor hadir sebagai upaya untuk mempertahankan dan menghidupkan kembali budaya bahari di Indonesia.

Sekolah Salor adalah sebuah lembaga pendidikan yang didirikan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat, terutama generasi muda, tentang kekayaan bahari Indonesia. Melalui pendekatan praktis dan interaktif, Sekolah Salor berusaha untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya bahari di Indonesia.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Sekolah Salor adalah mengajarkan teknik-teknik tradisional dalam pembuatan perahu tradisional. Dalam proses pembuatannya, para siswa diajarkan tentang jenis kayu yang digunakan, teknik membangun perahu, serta filosofi yang terkandung di balik setiap bagian perahu. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang navigasi laut menggunakan bintang, arah angin, dan pengetahuan tentang laut yang sangat penting dalam kehidupan bahari.

Selain kegiatan praktis, Sekolah Salor juga menyelenggarakan berbagai seminar dan workshop mengenai budaya bahari. Para ahli dan praktisi di bidang bahari diundang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka kepada peserta. Dalam seminar dan workshop ini, peserta dapat mempelajari lebih dalam tentang kekayaan budaya bahari Indonesia, termasuk legenda-legenda laut, kerajinan tangan bahari, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk melestarikan lingkungan laut.

Pentingnya Sekolah Salor dalam mempertahankan budaya bahari di Indonesia juga telah diakui oleh berbagai pihak. Salah satu referensi yang dapat digunakan adalah artikel berjudul “Sekolah Salor: Memperkenalkan Budaya Bahari ke Generasi Muda” yang dipublikasikan oleh Antara News pada 15 Agustus 2021. Artikel ini menjelaskan tentang upaya Sekolah Salor dalam menjaga dan menghidupkan kembali budaya bahari di Indonesia.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Agustina Dewi dan Reza Ginting pada tahun 2019 dengan judul “Pentingnya Pendidikan Bahari dalam Melestarikan Budaya Bahari di Indonesia” juga memberikan gambaran tentang pentingnya pendidikan bahari dalam melestarikan budaya bahari.

Dalam era globalisasi ini, mempertahankan budaya bahari di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Namun, melalui kehadiran Sekolah Salor, diharapkan generasi muda dapat kembali mencintai dan menghargai kekayaan budaya bahari Indonesia. Dengan upaya bersama, budaya bahari Indonesia dapat terus hidup dan berkembang untuk generasi mendatang.

Referensi:
1. Antara News. (15 Agustus 2021). Sekolah Salor: Memperkenalkan Budaya Bahari ke Generasi Muda. Diakses dari
2. Dewi, A., & Ginting, R. (2019). Pentingnya Pendidikan Bahari dalam Melestarikan Budaya Bahari di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(4), 467-476.